Sunday 18 May 2014

Walikota Makassar Arsiteki Gedung CTI Manado


gedung coral triangle initiative (CTI) Centre Manado, Sulawesi Utara, atau segitiga terumbu karang yang diresmikan Wakil Presiden Boediono merupakan rancangan dari Wali Kota Makassar mohammad ramdhan pomanto.


'Saya menghadiri peresmian Gedung CTI Centre Manado karena memang diundang, apalagi saya diberikan amanah untuk mempresentasikan hasil rancangan saya itu ke Bapak Wapres Boediono,' ujar Wali Kota Makassar mohammad ramdhan pomanto melalui telepon genggamnya (HP) dari Manado, Jumat.


Ia mengatakan, gedung CTI Centre Manado itu akan menjadi tempat berbagai kegiatan dan upaya pelestarian terumbu karang, perikanan, pesisir serta sumber daya laut lainnya di enam negara dalam kawasan segitiga terumbu karang (coral triangle).


Gedung CTI Centre Manado itu juga menjadi pusat koordinasi, fasilitasi dan kolaborasi enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Salomon.


Peresmian oleh Wapres Boediono yang dilakukan di Grand Kawanua Center juga sekaligus pembukaan World Coral Reef Conference (WCRC) atau konfrensi karang dunia di Kota Manado.


'Ini adalah satu gedung sekretriat dari sekumpulan negara yang memiliki koral di dunia. Koral adalah sesuatu sangat menentukan kualitas air laut (karang). Ini habitat yang sangat penting di dunia untuk menentukan kualitas air laut dan banyak tidaknya ikan,' kata Danny sapaan akrab wali kota.


Dia menyebutkan, nantinya CTI Centre Manado berfungsi sebagai sekretariat regional CTI-CFF, pusat pameran terumbu karang, pusat pendidikan dan pelatihan terumbu karang, pusat penelitian terumbu karang dan pusat perpustakaan terumbu karang.


Ahli Tata Ruang Makassar itu mengatakan, ditunjuknya Kota Manado karena kota yang berjuluk daerah nyiur melambai itu lebih awal menginisiasi munculnya konferesi koral.


'Pada saat lalu perencanaan (bangunan) dikonteskan oleh Pemerintah Sulawesi Utara dan banyak desain yang dimunculkan. Alhamdulillah, kami yang menang kontes itu,' bebernya.


Danny yang sudah menghasilkan banyak karya monumental itu juga membeberkan konsep Gedung CTI Centre yang dirancangnya yakni berbentuk bulat seperti koral yang tumbuh. Sedangkan konsep massanya, ada ruang pertemuan, ruang umum, serta ruang summitnya bagi delegasi yang mau bersidang.


'Ini juga bisa di nikmati masyarakat karena ada akuarium yang besar dibawah yang terbuka. Itu bisa sebagai edukasi untuk anak-anak SD sampai mahasiswa,' ucapnya.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment