Monday 19 May 2014

Momentum Pilpres Bisa Ditingkatkan Ekonomi Sulteng

Kepala Perwakilan bank indonesia Sulawesi Tengah Purjoko mengemukakan momentum Pemilihan Umum Presiden bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya pada pertengahan 2014.

Purjoko di Palu, Senin, mengatakan geliat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 akan menguatkan ekonomi terutama pada sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Proses Pemilu dinilai akan banyak meningkatkan kunjungan tamu ke Provinsi Sulawesi Tengah untuk kepentingan politik dan sejenisnya.

Sesuai data Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah, sektor perdagangan, hotel dan restoran pada triwulan I tahun 2014 tumbuh sebesar 12,10 persen, sedangkan pada triwulan sebelumnya tumbuh 7,68 persen.

Menurut Purjoko, sektor itu akan terus tumbuh mengingat kegiatan pada bidang itu terus menggeliat.

Pada triwulan I tahun 2014 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah 4,57 persen, atau melambat jika dibandingkan triwulan sebelumnya yang mencapai 6,28 persen.

bank indonesia memproyeksikan ekonomi pada triwulan II 2014 tumbuh berkisar 4,04 persen hingga 5,04 persen secara tahunan (year on year).

Faktor penopang pertumbuhan selain sektor perdagangan, hotel dan restoran juga akan didukung sektor pertanian yang akan mengalami panen raya padi di sejumlah daerah.

Selain itu, juga ada penguatan dari sektor investasi seiring realisasi sejumlah proyek pembangunan.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment