Sunday 18 May 2014

PLN: Passokan Listrik Untuk Dua Tahun Aman

Perwakilan PLN Supriyono mengatakan pasokan daya listrik kawasan Jateng-DIY hanya cukup untuk dua tahun dari sekarang karena PLN baru bisa menyediakan daya sebesar 2.500 Megawatt (MW) sedangkan kebutuhan listrik mencapai 3.500 MW.


"Kalau sampai tidak ada penambahan pembangkit yang baru tentu Jateng-DIY akan kekurangan pasokan listrik," ujar Deputi Manajer Komunikasi, Humas, dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY di Semarang, Jumat.


Oleh karena itu pihaknya berharap agar rencana pembangunan PLTU Batang segera menemui titik temu sehingga pelaksanaan pembangkit listrik bisa segera terealisasi.


"Jika PLTU Batang ini sudah terbangun maka tidak hanya mampu mengakomodasi kebutuhan listrik di Jawa namun hingga Pulau Bali," kata dia.


Menurutnya tidak hanya pembangunan PLTU yang harus diperhatikan namun juga jaringan transmisi atau gardu induk mengingat untuk merealisasikan proyek tersebut perlu waktu tidak sebentar sehingga Pemerintah harus segera berupaya terkait rencana pembangunan PLTU Batang.


Supriyono mengaku terkait terbatasnya pasokan daya listrik di kawasan Jawa-Bali PLN terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih berhemat dalam mengkonsumsi listrik.


"Kami berharap agar masyarakat Jateng-DIY bisa lebih memaklumi kondisi tersebut karena ini kan untuk kepentingan orang banyak," jelasnya.


Menurutnya dengan kebutuhan listrik yang terpenuhi maka akan meningkatkan perekonomian tidak hanya dari sisi masyarakat namun juga industri.


Sementara itu pembangunan PLTU Batang yang berkapasitas 2 X 1.000 MW hingga saat ini masih terkendala lahan akibatnya pelaksanaan pembangunan pembangkit listrik tersebut belum bisa dilanjutkan.(ant/ris)

No comments:

Post a Comment