Sunday, 18 May 2014

KKP Menargetkan Perikanan Nasional 20,95 Juta Ton

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi perikanan nasional mampu mencapai 20,95 juta ton pada tahun 2014.


"Angka tersebut, terdiri perikanan tangkap sebesar 6,08 juta ton dan produksi perikanan budidaya diharapkan mampu menghasilkan 13,97 juta ton," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP, Saut Hutagalung di Manado, Rabu.


Bila angka produksi tersebut tercapai akan berpengaruh sumbangan sektor perikanan terhadap pertumbuhan perekonomian nasional serta peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan.


Saut optimistis berbagai jenis komoditas perikanan akan mengalami pertumbuhan produksi di tahun 2014 ini dibandingkan tahun sebelumnya.


Upaya pemerintah mendorong produksi perikanan nasional, kata Saut, melalui program industrialisasi kelautan dan perikanan dengan pendekatan blue economy dicanangkan KKP.


"Industrialisasi industri kelautan dan perikanan dengan pendekatan blue economy menunjukkan perkembangan positif, ini dapat menjadi indikator produksi tahun ini cukup tinggi," kata Saut.


Untuk mendukung target tersebut, katanya KKP telah menyiapkan berbagai program yang secara langsung mendukung pencapaian target, diantaranya peningkatan daya saing perikanan melalui produktivitas, efesiensi, kualitas produk dan nilai tambah.


Data KKP untuk produksi perikanan nasional tahun 2013 mencapai 19,56 juta ton 'meningkat 26,2 persen tahun 2012 yang hanya 15,5 juta ton.


Total produksi perikanan di tahun 2013 tersebut mampu melampaui angka ditargetkan 17,49 juta ton.(ant/vaa)

No comments:

Post a Comment