Sunday 18 May 2014

Pertamina Garap Proyek Sembilan Miliar Dolar AS

Perseroan Terbatas Pertamina tengah menggarap sebanyak 29 proyek pengembangan hulu minyak, gas, dan panas bumi dengan total investasi mencapai sembilan miliar dolar AS.


Wakil Presiden Senior Pengembangan dan Teknologi Pertamina R. Gunung Sardjono Hadi saat workshop media di Bogor, Jumat, mengatakan bahwa perusahaan tengah memonitor penyelesaian 29 proyek pengembangan hulu migas dan panas bumi.


"Sekitar 22 proyek di antaranya merupakan proyek-proyek besar dengan nilai investasi di atas 100 juta dolar AS," katanya.


Gunung menyebutkan dua proyek, yaitu Banyu Urip dan Jambaran-Tiungbiru, bahkan membutuhkan nilai investasi lebih dari satu miliar dolar AS.


Tiga proyek lainnya, kata dia, masing-masing menelan investasi di atas 500 juta dolar AS, seperti DSLNG, PPGM, dan pengembangan di blok WMO, yang segera memecahkan rekor dunia untuk pengembangan enam lapangan migas sekaligus dalam waktu bersamaan.


Dia mengatakan bahwa Pertamina juga tengah menggarap proyek-proyek EOR dan panas bumi dengan nilai investasi di kisaran 100 juta dolar AS hingga 400 juta dolar AS.


"Hingga saat ini, dari total 29 proyek senilai sembilan miliar dolar AS yang tengah dijalankan, telah terealisasi sebesar 3,52 miliar dolar AS," katanya.


Gunung menambahkan bahwa beberapa proyek mulai memberikan kontribusi produksi bagi perusahaan pada tahun 2014.


Dia mencontohkan Pengembangan Banyu Urip sebesar 18.636 bopd, lapangan YY Blok ONWJ sebesar 1.108 bopd, PPDM sebesar 1.666 bopd, dan beberapa proyek EOR, di antaranya EOR Rantau sebesar 1.671 bopd.


"Total tambahan produksi minyak yang akan diperoleh dari proyek-proyek pengembangan tersebut pada tahun 2015 diperkirakan mencapai 77.900 bopd minyak 315 MMscfd gas dan 40 MW panas bumi," kata dia.


Untuk mendukung hal tersebut, kata Gunung, Pertamina mengembangkan inovasi teknologi, baik pengembangan maupun penemuan teknologi baru, yang mendukung tujuan perusahaan, peningkatan produksi.


Dia mencontohkan beberapa kseperti grid base drilling di lapangan Bunyu dengan estimasi peroleh produksi sekitar 5.000 bopd, teknologi injeksi CO2 EOR di Lapangan Sukowati dengan estimasi factor perolehan sekitar 7 persen, dan acid breakdown di PHE ONWJ dengan peningkatan produksi 1.300 bopd.


Selain itu, penggunaan X-Flow Handler di BOB Pertamina-BSP dengan tambahan produksi maksimal sekitar 4.560 bopd.(ant/vaa)

No comments:

Post a Comment