Sunday 18 May 2014

BI Dorong Penyaluran Kredit

Kantor bank indonesia (BI) Provinsi Maluku mendorong penyaluran kredit bagi masyarakat di Kota Tual yang bergelut di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


"BI terus mendorong penyaluran kredit UMKM di kota itu, mengingat permodalan masih menjadi kendala sehingga pelaku usaha di bidang ini sulit tumbuh dan berkembang," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Maluku, Ocky Ganesia, di Ambon, Jumat.


Menurut dia, permodalan sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM karena tanpa modal maka sangat sulit bersaing dengan unit usaha yang lebih besar.


"Terhambatnya akses kredit di bank disebabkan karena terbatasnya agunan yang dimiliki oleh UMKM, sehingga perlu didorong untuk mendapatkan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata Ocky.


Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliknya, plafon KUR posisi Januari 2014 di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) sebesar Rp133.647.984.000 yang diterima oleh 8.365 debitur UMKM.


"Mayoritas debitur adalah yang bergerak pada skala usaha mikro sebanyak 8.150 debitur dengan plafon kredit sebesar Rp80.062.287.000. Sedangkan skala usaha kecil sebanyak 209 debitur dengan plafon kredit sebesar Rp50.585.697.000," jelasnya.


Dikatakan, kelompok UMKM juga perlu pendampingan serta pembenahan administrasi pencatatan keuangan, ini dilakukan untuk meningkatkan akses KUR sebab bukan hanya menjadi tanggung jawab perbankan, tetapi pemerintah setempat juga harus berperan dalam mempersiapkan UMKM yang produktif.


"Jika kelompok UMKM terus didorong untuk akses KUR, bukan tidak mungkin plafon KUR di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara akan meningkat tajam," kata Ocky.


"Saya optimis kalau akses KUR di Kota Tual dan Malra terus didorong maka bisa mendekati atau melampaui penyaluran KUR di Kabupaten Maluku Tengah yang mencapai Rp190.884.506.445," jelasnya.


Karena itu, untuk meningkat akses KUR di Kota Tual belum lama ini pihaknya melakukan sosialisasi yang diikuti oleh 126 peserta berasal dari UMKM dan SKPD di lingkup Kota Tual.


"Untuk penyaluran KUR bagi UMKM di kota itu dilayani oleh empat bank yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BPD Maluku," kata Ocky.(ant/vaa)

No comments:

Post a Comment