Sunday 18 May 2014

Manado Ibukota Terumbu Karang Dunia

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) sharif c sutardjo menyebut Manado yang menjadi lokasi penyelenggaraan konferensi kelautan tingkat dunia sebagai ibu kota terumbu karang dunia.

MKP dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan terpilihnya Manado sebagai lokasi penyelenggaraan tidak terlepas dari potensi kelautannya yang sangat besar terutama kekayaan dan keanekaragaman terumbu karangnya yang mencakup sepertiga dari luas terumbu karang dunia. Selain itu, ia mengatakan penetapan Manado sebagai lokasi Sekretariat Regional permanen CTI-CFF pada Pertemuan Kelima Tingkat Dewan Menteri (5th Ministerial Meeting) 15 Mei 2014 yang lalu semakin mengukuhkan Kota Manado sebagai ibu kota terumbu karang dunia.

Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini, menurut dia, selain memiliki nilai historis tentang konservasi kelautan juga dikenal memiliki Taman Laut Bunaken dengan keindahan terumbu karangnya dan letak geografis yang sangat strategis. Manado, lanjutnya, juga tepat berada di pusat kawasan Segitiga Terumbu Karang serta merupakan kota di Indonesia yang paling dekat dengan negara-negara anggota CTI-CFF yaitu Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Karena itu, Syarif mengatakan potensi dan letaknya sangat menguntungkan bagi hubungan kerjasama regional terutama di bidang kelautan, maka sudah sepatutnya kita bangga terhadap Sulawesi Utara, khususnya Manado.(ant/rd)

No comments:

Post a Comment