Sunday 18 May 2014

KKP Target Ekspor 5,65 Miliar Dolar

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan kinerja ekspor produk perikanan Indonesia sebesar 5,65 miliar dolar Amerika Serikat (AS) di tahun 2014.


"Untuk mencapai target tersebut perlu upaya keras dalam rangka mendukung kinerja ekspor produk perikanan," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP Saut Hutagalung di Manado, Rabu.


Kata Saut, upaya yang harus dilakukan yakni penguatan dan pengembangan pemasaran luar negeri hasil perikanan melalui peningkatan akses pasar ke berbagai negara.


"Peningkatan akses pasar ke berbagai negara melalui kegiatan promosi, diplomasi dan kerjasama pemasaran luar negeri, yang diimbangi dengan pengendalian impor hasil perikanan," jelas Saut.


Katanya, pencapaian kinerja nilai ekspor produk perikanan pada tahun 2013 sebesar 4,16 miliar dolar as.


Ke depan, kata Saut akan terus meningkatkan jumlah produksi guna menggalakkan ekspor perikanan nasional yang juga bermanfaat untuk mengurangi defisit perdagangan Indonesia.


Program industrialisasi kelautan dan perikanan memang sudah menjadi fokus perhatian KKP karena itu upaya peningkatan kinerja ekspor terus dilakukan.


Apalagi, kata Saut, industrialisasi kelautan dan perikanan dengan pendekatan blue economy yang dicanangkan KKP menunjukkan perkembangan positif.


Untuk mendukung target tersebut, katanya KKP telah menyiapkan berbagai program yang secara langsung mendukung pencapaian target. Diantaranya program peningkatan daya saing perikanan melalui produktivitas, efesiensi, kualitas produk dan nilai tambah.(ant/ris)

No comments:

Post a Comment