Thursday, 31 January 2013

Pemkot Ternate Bangun Pelabuhan Pendaratan Ikan

pemkot ternate, Maluku Utara, berupaya meningkatkan potensi perikanan dengan membangun Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Pulau Batang Batang Dua, karena berdasarkan hasil studi kelayakan wilayah itu memiliki potensi perikanan yang layak.

"Dari hasil studi kelayakan wilayah, Pulau Batang Dua sangat layak dibangun dermaga PPI, guna mendukung aktivitas produksi perikanan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Ruslan Bian di Ternate, Kamis.

Ia mengatakan, hasil studi ini sudah sejak beberapa tahun terakhir, sehingga pada tahun ini, akan mengembangkan untuk membuat detail desain pelabuhannya, agar PPI Batang Dua di tahun 2013 ini dibangun.

Menurut dia, wilayah Batang Dua juga memiliki potensi perikan yang luar biasa terutama dibidang tangkap, ini dibuktikan dengan hampir 30 persen produksi perikanan Sulawesi itu merupakan hasil suplai dari Batang Dua.

"Kita kehilangan 30 persen produksi perikanan, kalau seperti itu suda pasti kita kehilangan PAD juga, sehingga itu harus dibangu satu PPI di Batang Dua, agar 30 persen produksi perikanan itu kembali ke kita," ungkapnya.

PPI di Batang Dua kalau dibangun, memiliki dampak positif yang luar biasa, selain memiliki dampak ekonomi, juga mempermudah akses para nelayan ke tempat pencarian ikan.

Ia mengatakan, kalau dari PPI Dufa-Duafa ke tempat pencarian ikan itu hampir enam sampai tujuh jam, kalau PPI Batang Dua suada dibangun itu ke tempat pencarian ikan ditempuh hanya satu jam.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membawa draf usulan program DKP Kota Ternate ke Kementerian DKP, program yang diusulkan ke Kementerian DKP itu diantaranya perluasan Dermaga PPI Dufa-Dufa, Armada Tangkap, Pembuatan pabrik es, pembuatan air bersih di Hiri, Batang Dua, serta Moti.

" Karena ini sudah ada sinyal positif dari kementrian, jadi semoga usulan ini diakomodir oleh Kementrian," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Ternate, Asghar Saleh ketika dikonfirmasi mengaku, DPRD berharap agar pemkot ternate juga serius dalam melakukan berbagai upaya guna pemanfaatan PPI Dufa-Dufa dengan melakukan perluasan dermaga, untuk menampung armada kapal ikan di daerah ini.

"Upaya perluasan PPI Dufa-Dufa, juga ada upaya lain yang harus dikembangkan sekaligus mengusulkan penambahan armada kapal melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2013," katanya. (ant/as)

No comments:

Post a Comment