Thursday 31 January 2013

Pasokan Ikan Asin ke Palembang Lancar

Pasokan beberapa jenis ikan asin yang didatangkan pedagang pengumpul ke pasaran di Palembang, hingga saat ini lancar dan jumlahnya dapat dipenuhi sesuai kebutuhan.

Pasokan beberapa jenis ikan asin itu didatangkan dari Sungsang, Kabupaten Musibanyuasin, Sumatera Selatan atau daerah perairan dekat dengan Selat Bangka, kata Rusdi, pedagang di pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu Palembang, Kamis.

Menurut dia, ikan asin yang didatangkan pedagang pengumpul dari daerah Sungsang itu, ternyata banyak peminatnya, khususnya para pedagang pengecer asal beberapa pasar tradisional di Kota Palembang termasuk yang datang dari luar kota.

Ia mengatakan, pasokan ikan asin dari daerah Sungsang itu telah lama berlangsung di Palembang, di samping itu ada juga didatangkan dari Lampung.

Aneka ikan asin dari Sungsang atau di bagian hilir Sungai Musi itu antara lain jenis ikan teri, baung laut, sepat dan ikan asin bulu ayam.

Mengenai harga jual, tergantung kualitas ikan asin seperti teri kualitas sedang Rp42 ribu per kilogram, ikan teri kualitas bagus Rp55 ribu per kg, baung laut Rp26 ribu per kg dan ikan asin sepat Rp28 ribu per kg.

Khusus pedagang pengumpul di pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu, terdapat belasan pedagang yang masing-masing menyediakan stok aneka ikan asin dalam jumlah cukup banyak.

Sedangkan calon pembeli, kata dia, selain pedagang pengecer dari sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang, juga banyak asal luar kota seperti pedagang di Kota Prabumulih, Banyuasin, Indralaya, dan Kayuagung bahkan dari Kota Baturaja, ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Para pedagang pengecer tersebut, biasanya membeli dalam jumlah cukup banyak, karena untuk dijual kembali ke pelanggan.

Sementara, pantauan Antara di pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu terdapat belasan pedagang pengumpul khusus menyediakan aneka ikan asin.

Demikian pula halnya dengan calon pembeli cukup ramai, para pedagang pengumpul masing-masing sibuk melayani calon pembeli atau pelanggan mereka. (ant/as)

No comments:

Post a Comment