Thursday 31 January 2013

Nelayan Padang Minta Bantuan Modal

Para nelayan di Kota Padang meminta pemerintah daerah memberikan bantuan untuk meringankan biaya operasional saat melaut.

Ketua Kerukunan Nelayan Kapal Ikan (KNKI) Kota Padang Awaludin Yahya di Padang, Kamis, mengatakan pihaknya telah mengajukan permintaan bantuan modal kepada pemerintah daerah, namun sampai saat ini belum ada tanggapan.

"Yang paling kami butuhkan saat ini adalah modal malaut sebanyak Rp20 juta hingga Rp25 juta untuk dua kali melaut," kata dia.

Dia menyebutkan, pada 2012 kelompok nelayan Kota Padang mendapatkan bantuan Rp100 juta dari pemerintah pusat, tetapi belum sepenuhnya meringankan biaya operasional nelayan.

Bantuan tersebut dibagikan kepada ratusan nelayan dan pembayarannya dilakukan bertahap. Kendalanya, lanjut dia, para nelayan sering menunggak karena mereka tidak bisa melaut akibat cuaca buruk.

"Keterlambatan pembayaran ini menyebabkan kas kelompok sering kosong," katanya.

Dia mengatakan, pengelola kelompok tidak akan memberi sanksi dan tetap memberi waktu untuk membayar. Pinjaman itu dibayarkan kembali sebanyak Rp25 ribu per minggu tanpa bunga hingga nalayan bisa melunasinya.

"Jika nelayan rutin melaut, maka pinjaman ini bisa teratur mereka bayarkan dan kas kelompok tidak akan kosong," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang Zalbadri mengatakan, bantuan untuk para nelayan telah diusahakan, namun perlu melewati beberapa prosedur terlebih dahulu.

"Bantuan itu tentunya harus diajukan ke pusat, dan masih dalam proses. Diharapkan tahun ini ada penambahan bantuan permodalan untuk nelayan di Kota Padang," katanya. (ant/as)

No comments:

Post a Comment